Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Jumat, 28 Desember 2012

Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik – Tenaga Kependidikan

1.      Jelaskan beragam perspektif teritis dalam pengembangan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan ?
a)     Perspektif fungsional structural yang merupakan prespektif yang kualitas SDM diprogram oleh struktur melalui proses pendidikan untuk menyesuaikan dengan nilai, norma atau aturan yang telah disepakati oleh masyarakat .
b)     Perspektif interaksionis simbolik merupakan prespektif yang mengemukakan pengembangan SDM harus mendorong setiap individu untuk mampu mengembangkan potensi dirinya, melalui talenta emosi, kemampuan menangkap simbol ( makna ) dalam proses interaksi sehari-hari, spirit dan intelektualnya ,

c)      Perspektif integrasi makro-mikro yang mengemukakan pengembangan SDM harus mencakup dua dimensi makro-mikro secara seimbang .

2.     Jelaskan strategi pengembangan SDM pendidik tenaga kependidikan dalam pembangunan pendidikan nasional ?
a)     Peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dan menjahui sikap eksklusivme .
b)     Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dibidang keilmuan yang ditempuh .
c)      Peningkatan kesejahteraan pendidik-tenaga pendidik .
d)   Peningkatan kerjasama, toleransi dan empati dalam kehidupan berkelompok .
e)      Peningkatan pemahaman dan pelaksanaan sistem control terhadap pola perilaku individu melalui pengembangan mental disiplin nurani yang tinggi .

3.      Jelaskan pentingnya kualitas SDM guru dalam pelaksanaan perencanaan pendidikan di era Otonomi Daerah ?
a)      Konsep desentralisasi pendidikan harus obyektif .
b)      Konsep tentang beragam tuntutan desentralisasi pendidikan .
c)      Konsep model pendidikan nasional sebagai perekat persatuan dan   kesatuan .
d)     Pendekatan pengembangan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan perencanaan pendidikan di era otonomi daerah .
Untuk menjalankan konsep ini maka kualitas SDM guru sangat berpengaruh, semakin tinggi kualitas SDM nya maka konsep tersebut akan berjalan sesuai yang diharapkan .

4.     Jelaskan beberapa persyaratan guru profesional dan pengembanganya dalam membangun kualitas pendidikan di satuan pendidikan ?
a)      Mempunyai kemampuan verbal yang baik .
b)      Mempunyai pengalaman belajar bidang pendidikan
c)      Mempunyai sertifikasi guru
d)     Mempunyai penguasaan bidang ilmu yang ditempuh
e)      Memiliki pengalaman mengajar
f)       Memiliki kualitas pemahaman terhadap karakteristik peserta didik
g)      Mampu melakukan interaksi dengan siswa
h)     Mempunyai motivasi yang sangat kuat untuk terus belajar dan berprestasi
i)        Mempunyai sikap bangga dan cinta terhadap profesi guru
j)        Selalu melakukan refleksi pembelajaran
k)     Mempunyai kemampuan untuk menguasai kemajuan teknologi informatika .
Kegiatan pengembangan guru yang profesional paling tidak ada 4 kegiatan yaitu :
a)      Kegiatan Karya Tulis Ilmiah
b)      Menemukan teknologi tepat guna atau pembuatan alat peraga pembelajaran inovatif .
c)      Menciptakan karya seni
d)     Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum .

5.      Jelaskan peranan guru dalam proses agent of change pelayanan pendidikan di setiap satuan pendidikan ?
Jawab ; 
Dalam Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Undang-undang No 14 tahun 2006 tentang guru dan dosen, bahwa kedudukan, peran dan fungsi guru sangat sentral dalam membangun kualitas pendidikan nasional yaitu penstransfer iptek, pembimbing siswa dalam menghadapi kesulitan belajar dan sebagai pemberi contoh teladan yang baik .

6.      Jelaskan peranan guru dalam proses school self evaluation dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di setiap satuan pendidikan ?
a)     Ketika guru secara internal dan eksternal mampu mengembangkan kompetensinya, maka secara otomatis guru harus terlibat dalam proses SSE
b)     Ketika guru terlibat aktif dalam proses SSE maka guru tersebut harus sanggup untuk memberikan informasi secara valid pada pimpinan sekolah
c)      Apabila guru betul-betul dilibatkan dalam proses SSE secara maksimal dan profesional, maka kepala sekolah sebagai penanggung jawab keseluruhan pencapaian delapan SNP akan memperoleh kemudahan dalam menyediakan hal-hal yang terdapat di dalamnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar