1.
Jelaskan beragam
perspektif teritis dalam pengembangan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan di
satuan pendidikan ?
a) Perspektif
fungsional structural yang merupakan prespektif yang kualitas SDM diprogram
oleh struktur melalui proses pendidikan untuk menyesuaikan dengan nilai, norma
atau aturan yang telah disepakati oleh masyarakat .
b) Perspektif
interaksionis simbolik merupakan prespektif yang mengemukakan pengembangan SDM
harus mendorong setiap individu untuk mampu mengembangkan potensi dirinya,
melalui talenta emosi, kemampuan menangkap simbol ( makna ) dalam proses
interaksi sehari-hari, spirit dan intelektualnya ,
c)
Perspektif
integrasi makro-mikro yang mengemukakan pengembangan SDM harus mencakup dua
dimensi makro-mikro secara seimbang .
2. Jelaskan strategi
pengembangan SDM pendidik tenaga kependidikan dalam pembangunan pendidikan
nasional ?
a) Peningkatan
pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dan menjahui sikap eksklusivme .
b) Peningkatan pengetahuan
dan ketrampilan dibidang keilmuan yang ditempuh .
c)
Peningkatan
kesejahteraan pendidik-tenaga pendidik .
d) Peningkatan
kerjasama, toleransi dan empati dalam kehidupan berkelompok .
e)
Peningkatan
pemahaman dan pelaksanaan sistem control terhadap pola perilaku individu
melalui pengembangan mental disiplin nurani yang tinggi .
3.
Jelaskan pentingnya
kualitas SDM guru dalam pelaksanaan perencanaan pendidikan di era Otonomi
Daerah ?
a)
Konsep desentralisasi pendidikan harus
obyektif .
b)
Konsep tentang
beragam tuntutan desentralisasi pendidikan .
c)
Konsep model
pendidikan nasional sebagai perekat persatuan dan kesatuan .
d)
Pendekatan
pengembangan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan
perencanaan pendidikan di era otonomi daerah .
Untuk
menjalankan konsep ini maka kualitas SDM guru sangat berpengaruh, semakin
tinggi kualitas SDM nya maka konsep tersebut akan berjalan sesuai yang
diharapkan .
4. Jelaskan beberapa
persyaratan guru profesional dan pengembanganya dalam membangun kualitas
pendidikan di satuan pendidikan ?
a)
Mempunyai kemampuan
verbal yang baik .
b)
Mempunyai
pengalaman belajar bidang pendidikan
c)
Mempunyai
sertifikasi guru
d)
Mempunyai
penguasaan bidang ilmu yang ditempuh
e)
Memiliki pengalaman
mengajar
f)
Memiliki kualitas
pemahaman terhadap karakteristik peserta didik
g)
Mampu melakukan
interaksi dengan siswa
h) Mempunyai motivasi
yang sangat kuat untuk terus belajar dan berprestasi
i)
Mempunyai sikap
bangga dan cinta terhadap profesi guru
j)
Selalu melakukan
refleksi pembelajaran
k) Mempunyai kemampuan
untuk menguasai kemajuan teknologi informatika .
Kegiatan
pengembangan guru yang profesional paling tidak ada 4 kegiatan yaitu :
a)
Kegiatan Karya
Tulis Ilmiah
b)
Menemukan teknologi
tepat guna atau pembuatan alat peraga pembelajaran inovatif .
c)
Menciptakan karya
seni
d)
Mengikuti kegiatan
pengembangan kurikulum .
5.
Jelaskan peranan
guru dalam proses agent of change
pelayanan pendidikan di setiap satuan pendidikan ?
Jawab
;
Dalam Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Undang-undang No
14 tahun 2006 tentang guru dan dosen, bahwa kedudukan, peran dan fungsi guru
sangat sentral dalam membangun kualitas pendidikan nasional yaitu penstransfer
iptek, pembimbing siswa dalam menghadapi kesulitan belajar dan sebagai pemberi
contoh teladan yang baik .
6.
Jelaskan peranan
guru dalam proses school self evaluation
dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di setiap satuan pendidikan ?
a) Ketika guru secara
internal dan eksternal mampu mengembangkan kompetensinya, maka secara otomatis
guru harus terlibat dalam proses SSE
b) Ketika guru
terlibat aktif dalam proses SSE maka guru tersebut harus sanggup untuk
memberikan informasi secara valid pada pimpinan sekolah
c)
Apabila guru betul-betul
dilibatkan dalam proses SSE secara maksimal dan profesional, maka kepala
sekolah sebagai penanggung jawab keseluruhan pencapaian delapan SNP akan
memperoleh kemudahan dalam menyediakan hal-hal yang terdapat di dalamnya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar